?>
photo detail

komposisi fotografi

Sebelum kita masuk pada inti tulisan, mari kita mulai dulu diskusi ini dengan pertanyaan: apa sih definisi dari komposisi fotografi itu? Soalnya pengalaman saya sendiri bulak balik buka google, jawabannya gak ada yang seragam. Jadi bingung sendiri…hehe.

Tapi setelah mencoba tekun mencari jawaban apa itu komposisi, akhirnya usaha saya berbuah juga. Menurut  Diana Eftaiha – dalam laman photography.tutsplus.com, menuliskan:

“Komposisi fotografi berarti tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam suatu karya fotografi”.

Dalam sejarah perkembangannya, seni foto ikut pada induknya  yaitu seni tertua di muka bumi; seni rupa 2 dimensi – dimana ilmu desain grafis yang jadi cabang lainnya, telah lebih dulu berkembang dan melahirkan wawasan keilmuan soal komposisi.

Secara umum unsur komposisi desain ini terdiri dari 6 elemen. Garis, pola, warna, tekstur, bentuk, dan rupa. Yuk, kita bahas satu persatu!

  1. Garis

Dari 6 elemen desain, garis adalah yang terkuat dan paling berpengaruh. Ketiadaan garis tidak akan ada bentuk. Tanpa bentuk tidak ada rupa. Tiada rupa tidak ada tekstur dan tidak ada pola.

Elemen pertama ini merupakan alat ampuh yang dapat digunakan dengan cerdas untuk mengarahkan pandangan pemirsa pada point of interest sebuah foto. Selain itu, garis juga mampu mengubah perasaan dan mood sebuah gambar.

komposisi fotografi

foto: www.sobos.ru

Garis bisa vertikal, horizontal, diagonal, atau melengkung. Garis bisa pendek atau tinggi, bisa tebal atau tipis. Masing-masing punya makna dan  Efek berbeda. Garis dapat memberi rasa tenang, kaku, aktif, membimbing, atau bahkan mengancam.

goresan tipis bisa dialami beberapa orang sebagai tidak stabil, atau rentan. Garis tebal bisa dirasakan sebagai kaku dan tergantung, atau bisa dialami sebagai dominasi. Garis melengkung sering dianggap lembut, menenangkan, dan santai. Sementara garis zigzag bisa dianggap kuat, kacau, tajam, dan mengancam.

unsur vertikal dalam foto cenderung menyampaikan suasana hati yang berbeda, mulai dari kekuatan, kestabilan, hingga pertumbuhan. Garis vertikal bisa mencakup helai rambut, tiang, pohon, bangunan, dan banyak benda berbeda lainnya yang melebar secara vertikal dan bukan horizontal.

2. Bentuk

Unsur desain paling mendasar kedua adalah bentuk. Lewat bentuk, kita bisa mengidentifikasi suatu wujud. Misalnya bentuk lingkaran untuk wujud bola, atau persegi panjang pada wujud handphone.

komposisi fotografi

Elemen bentuk, dihadirkan secara kreatif – foto: Ashley Carlton

Agar bentuk itu bisa dikenali dengan baik, ia harus berada dalam kontras yang kuat dibanding lingkungan sekitarnya, sehingga terlepas dari kekacauan di sekitarnya.

Jadi salah satu kiat untuk menciptakan komposisi yang kuat pada foto adalah dengan menghadirkan kontras pada bentuk obyek yang ditampilkan. Bisa lewat warna, garis, pencahayaan dan lainnya.

komposisi fotografi

koposisi fotografi

3. Rupa

Jika bentuk merupakan wujud tegas suatu benda, maka rupa adalah hadirnya rasa tiga dimensi pada obyek. Untuk menciptakan rupa yang kuat pada foto, maka pencahayaan samping adalah cara yang paling ampuh.

komposisi fotografi

foto: Justin Katz Photography

Hadirnya elemen rupa pada foto memberi ilustrasi yang lebih jelas pada kedalaman suatu objek dan mempertegas pesan yang ingin disampaikan.

4. Tekstur

Tidak ada elemen desain yang lebih mampu menggerakkan emosi mendalam selain tekstur. Lewat tekstur yang kuat, sebuah karya bisa menampilkan ekspresi, terasa lebih “hidup”, dan  meningkatkan minat audiens.

Untuk menghadirkan tekstur yang kuat diperlukan satu hal: kontras! dan untuk menghasilkan kontras yang sesuai diperlukan sudut pencahayaan yang tepat. :  Cahaya matahari jam 6-7 pagi adalah masa yang tepat untuk menciptakan tekstur. Untuk lebih jelas, baca artikel: Belajar arah Cahaya

komposisi fotografi

Teksture menghadirkan ekspresi dan membangkitkan emosi – foto: i.pinimg.com

5. Pola

Hidup itu penuh dengan pola. Ini semua adalah bagian dari eksistensi kosmik kita, karena tanpa pola, akan terjadi kekacauan besar dalam kehidupan. Karena itulah di bawah sadar mata manusia menyukai pola. Pengulangan bentuk dalam jumlah banyak menumbuhkan ketertarikan pada mata manusia.

komposisi fotografi

Pengulangan bentuk dan garis yang menarik – foto: Mustafa Abdulhadi

Deretan pohon yang memanjang, hamparan bungan dengan bentuk seragam, atau barisan tentara, selalu menimbulkan minat pada audiens. Pola bisa jadi satu pilihan untuk menciptakan komposisi yang kuat.

6. Warna

Warna merupakan elemen penting dalam semua lingkup disiplin seni rupa, bahkan secara umum warna merupakan bagian penting dari segala aspek kehidupan manusia. Hal tersebut dapat kita lihat dari semua benda yang dipakai oleh manusia, semua peralatan, pakaian, bahkan alam disekeliling kita merupakan benda yang berwarna.

komposisi fotografi

Harmoni warna – foto: Leika Emektar

 

Karena begitu penting peranan warna bagi manusia, warna sering kali dipakai sebagai elemen estetis, sebagai representasi dari alam, warna sebagai komunikasi, dan warna sebagai ekspresi.

Namun melibatkan warna dalam komposisi juga perlu pengetahuan tentang warna. Dalam ilmu desain dikenal ilmu psikologi warna dan teori warna.

komposisi fotografi

Teori warna mempelajari tentang warna primer, sekunder, tersier dan netral. Dalam ilmu ini dipelajari tentang panduan mencampur warna pada karya foto, agar serasi dan menarik. Untuk lebih jelasnya silakan buka tautan ini.

Sementara psikologi warna mempelajari sisi kejiwaan mata audiens saat melihat warna. Perhatikan gambar berikut:

komposisi fotografikomposisi fotografi

6 Elemen desain yang dipaparkan di atas adalah komponen visual paling dasar dari ilmu komposisi seni rupa 2 dimensi. Memahami unsur-unsur desain, bagaimana faktor-faktor ini saling mempengaruhi, melengkapi, dan pesan apa yang disampaikan adalah cara untuk meningkatkan kualitas karya fotografi.

Awalnya mungkin kita merasa bingung untuk mengaplikasikan ilmu desain ini saat memotret.  Tapi percayalah, jika terus diasah, pikiran dan jiwa kita akan menerjemahkannya secara otomatis di alam bawah sadar – Seperti para fotografer besar saat berkarya. Selamat berlatih !

komposisi fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RelatedPhotos

230+ Contoh Pose Foto Model Terbaik !
Comments: 0
Added: Author: Ilham Obama Anas
Belajar Lighting Fotografi-Arah Cahaya
Comments: 3
Added: Author: Ilham Obama Anas
Tips Fotografi Makanan Paling Penting Diketahui
Comments: 1
Added: Author: Ilham Obama Anas