?>
photo detail

Belajar Lighting Fotografi

Memahami cara kerja dan arah cahaya adalah modal utama seorang fotografer. Seperti kata “fotografi” sendiri – yang berasal dari bahasa latin; fotos=cahaya dan grafos=tulisan. Jadi memotret berarti proses merekam komposisi cahaya dalam memori kamera.

belajar lighting fotografi Maka apa jadinya jika seorang juru kamera buta akan wawasan soal cahaya. Pasti yang akan dihasilkan adalah foto-foto berkualitas rendah alias asal terang kan? Karena itu pada kesempatan iniĀ  kita akan berdiskusi soal arah cahaya dan efeknya pada obyek. Jadi yuk, kita belajar lighting fotografi lagi! Dan, dalam pembahasan kali ini, kita fokuskan pada masalah arah cahaya dan efeknya pada obyek.

Fotografer Indonesia, dalam fotografi, cahaya tidak hanya berfungsi untuk menerangi sebuah obyek. Namun lebih luas dan kompleks. Dalam bahasa sederhana, lewat cahaya kita bisa menciptakan karakter, emosi, serta ekspresi pada obyek yang ingin dihadirkan. Ibarat pelukis yang menorehkan catnya pada kanvas dengan tebal/tipis cat, maka demikian juga dengan seorang fotografer. Lewat permainan cahaya, seorang fotografer menciptakan “suasana” pada karyanya.

Seperti tampak pada gambar cheat sheet pencahayaan di bawah ini, tiap sudut datangnya cahaya memberikan efek berbeda pada model. Ekspresi misteri, gembira, tegas, serta puluhan ekspresi lainnya bisa diciptakan lewat memainkan sudut datang cahaya pada obyek.

belajar lighting fotografi

Cheat sheet ini menerangkan secara jelas sudut datangnya cahaya secara horizontal dan vertikal

Skema cheat sheat diatas tentunya hanya menggunakan satu sumber cahaya dan hanya dengan menggunakan flash sebagi sumber cahaya. Maka bayangkanlah jika kita menggunakan 2 sumber cahaya atau lebih. Fikirkan juga pengunaan aksesori lighting semisal softbox, honeycomb, atau reflektor. Pasti hasil karya yang dihasilkan tambah keren kan!

Nah sekarang coba amati berikut di bawah ini. Cheat sheat di bawah ini memperlihatkan permainan sudut datang cahaya, namun sudah diperkaya proses pemotretannya menggunakan beragam aksesori lighting.

belajar lighting fotografi

Penggunaan aksesori lighting memperkaya ekspresi foto

Jika sudah paham teori cahaya, maka kita akan dengan mudah mengaplikasikan ilmu ini pada berbagai kondisi. Cahaya matahari, cahaya lilin, lampu mobil, atau aneka sumber cahaya bisa digunakan untuk menyalurkan gagasan.

belajar lighting fotografiBelajar Lighting Fotografi

Foto bridal di bawah ini direkam menggunakan cahaya matahari yang tembus di jendela. Istilah kerennya adalah window lighting. lapisan vitras membuat lembut karakter cahaya pada obyek.

belajar lighting fotografi

Window lighting 45 derajat

Semtara foto di bawah menggunakan cahaya lilin sebagai sumber cahaya. Hasinya tetap keren kan!

belajar lighting fotografi

Candle light

Nah, jadi intinya penguasaan arah lighting mutlak dimiliki seorang fotografer. Lewat pemahaman yang kuat akan hal ini pastinya akan mempermudah kita untuk menampilkan ekspresi pada karya. Selamat berkreasi!

kredit: foto utama= Fotografia/pinterest, lighting cheat sheet: DIYphotography.net, Lighting Guide: www.digitalcameraworld.com, Window Lighting: www.trevordayley.com, Candle Light: artfreelance.me

Belajar Lighting Fotografi

3 thoughts on : Belajar Lighting Fotografi-Arah Cahaya

    Mukhamad Aristo

    September 25, 2017
    Reply

    Untuk masalah pencahayaan pada foto studio dengan background putih. . . .

    Bagaimana cara nya menghasilkan foto dengan background pure putih sementara obyek natural karena pengalaman saya ketika nembak warna background yang putih akibatnya obyek overexposure sedangkan jika obyek pas background pun agak gelap. . .

    Bagaimana solusinya ??

      ilham obama anas

      September 25, 2017
      Reply

      Pertanyaan yang bagus…
      1. kasih 1 lighting untuk back ground, dan 1 khusus buat obyek
      2. jarak antara obyek dan background tidak boleh terlalu dekat. jarak 2 meteran lah paling dekat. kalo terlalu dekat cahaya dari masing masing lightig akan saling mengganggu

      ilham obama anas

      September 25, 2017
      Reply

      Jika memotret tidak menggunakan cahaya buatan, alias cahaya alami, posisikan metering kamera pada wajah obyek, kunci lewat shuter. Semetara seting metering di centre weigthed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RelatedPhotos

230+ Contoh Pose Foto Model Terbaik !
Comments: 0
Added: Author: Ilham Obama Anas
6 Elemen Dasar komposisi Fotografi
Comments: 0
Added: Author: Ilham Obama Anas
Tips Fotografi Makanan Paling Penting Diketahui
Comments: 1
Added: Author: Ilham Obama Anas